Cara Sehat Mengatasi STRESS

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 03 Agustus 2013

Cara sehat mengatasi Stress. Pernahkah kamu mengalami Stress ? biasanya stres terjadi ketika banyaknya problem dalam kehidupan tanpa dibarengi dengan keimanan kepada tuhan. Secara definisi STRESS adalah kondisi dimana pikiran kita sangat terbebani dengan kondisi atau keadaan yang sedang terjadi. 

Stres bisa menimpa semua orang baik muda,remaja,tua maupun balita sekalipun bisa mengalami kondisi stres.kira kira apa penyebab stres ya ? kemudian bagaimana cara menghadapi stres yang baik? Berikut ini caraku.me akan sedikit mengulas mengenai cara sehat menghadapi stres ala caranyata.

cara mengatasi stres
cara mengatasi stres

Cara Sehat Mengatasi Stres

1. Definisi stres
 
Stres dalam bahasa indonesia adalah kondisi dimana pikiran kita sangat terbebani.Stres menurut saya adalah kondisi dimana antara harapan dan aktual tidak berbanding lurus.Sebagai contoh kecil kita berharap akan bangun jam 6 pagi karena kita ada rencana untuk menghadiri sebuah pertemuan penting di kantor tetapi...pada kenyataannya kita ternyata baru terjaga jam 7 pagi padahal jadwal pertemuan kita dimulai jam 7.30 pagi. Kondisi seperti ini pada kebanyakan orang akan mengalami tekanan pikiran karena antara harapan dan aktual tidak berjalan dengan baik.Ini hanya salah satu contoh kecil dari penyebab stress.

2. Antisipasi stres anda

Setelah kita ada gambaran mengenai definisi stres seperti yang diulas diatas.Maka berikutnya kita coba bahas mengenai antisipasi stres kita.Selalu siapkan plan atau rencana antisipasi pada setiap plan (rencana) anda...contoh seperti diatas jika kita mempunyai suatu plan seperti akan bangun jam 6 pagi maka antisipasi kondisi tersebut dengan tidur tidak terlalu larut malam,karena yang pertama akan mempermudah kita untuk bangun pada pagi harinya dan yang berikutnya agar kondisi badan kita merasa segar pada saat bangun pagi karena istirahat yang cukup.Kemudian antisipasi lagi dengan memasang alarm jam pada pagi hari merupakan salah satu bentuk tindakan antisipasi kita.(ini merupakan salah satu contoh tindakan antisipasi kita terhadap stres...)

3. Tentukan target plan atau rencana yang masuk akal

Banyak dari kita mempunyai suatu rencana atau plan yang tidak terukur.Rencana itu bagus..tetapi rencana atau plan yang tidak terukur dengan baik akan menciptakan potensi stres bagi kita.Contoh ..Kita mempunyai rencana atau plan seperti contoh diatas,kita mempunyai plan bangun jam 6 pagi..tetapi pada malam harinya kita mempunyai aktifitas yang menuntut kita untuk terjaga sampai jam 4 pagi...nah ini sesuatu yang diluar jangkauan kita.berarti kita terlalu memaksakan plan kita sehingga akan menyebabkan potensi gagal untuk realisasinya.

4. Kenali diri anda sendiri

Cara untuk menghilangkan stress dengan kenali diri anda sendiri maksudnya adalah bahwa yang paling mengenali diri kita adalah diri kita sendiri...yang dapat mengukur diri kita adalah diri kita sendiri...jadi kenali persis potensi potensi diri anda sendiri....kelemahan dan kelebihan diri anda sendiri...kenali peluang keberhasilan diri anda sendiri...jika anda begitu mengenal diri anda sendiri maka potensi untuk mewujudkan suatu rencana atau bahkan harapan atau keinginan anda akan semakin besar...karena anda mengenal siapa diri anda.

5. Pasrah jika keadaan tidak sesuai harapan

Maksudnya adalah jika kita telah melakukan yang terbaik,jika kita telah maksimal dan realita masih tidak sesuai harapan kita maka langkah atau sikap terbaik kita menurut saya adalah dengan menurunkan harapan atau keinginan kita.Menurut saya itu adalah sikap terbaik yang bisa kita ambil jika memang kita telah maksimal tetapi antara harapan dan realita tidak berbanding lurus.

Demikianlah sedikit tulisan saya mengenai cara mengatasi stres mudaha mudahan bisa memberikan sedikit inspirasi bagi para pembaca caranyata.blogspot.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar