Faktor Anak Susah Makan dan Solusi Cara Menangani dengan Laperma Platinum

Diposting oleh doni madan on Selasa, 29 November 2016

Setiap orang tua yang arif selalu mengharapkan anak-anaknya tumbuh dan berkembang menjadi insan yang sehat aktif dan kreatif. Tips Kesehatan Untuk Anak-anak Kadangkala saat menjalaninya anak susah untuk makan maka orang tua khususnya Bunda perlu mengetahui Faktor apa yang menyebabkan anak susah makan dan apa solusinya ?!

Tumbuh kembang anak normal yang baik dapat dilihat dengan membandingkan berapa berat atau tinggi tubuh dengan umurnya atau dengan membandingkan kedua faktor tersebut, berat terhadap tinggi badan. Grafik tumbuhkembang yang digunakan oleh WHO khusus komite kesehatan dunia yang dikelola PBB juga telah diaplikasikan di masyarakat Indonesia dalam hal ini berbentuk KMS atau kartu menuju sehat. Hal ini sangat perlu dilakukan dengan menimbang berat tubuh dan mengukur tinggi badan kemudian mencatatkannya dalam sebuah grafik sehingga dengan mudah dalam memantau tumbuhkembang sang buah hati.

Faktor Penyebab Anak Susah Makan

# 1 :  Selera Makan yang Hilang

Adapun hal tersebut dapat disebabkan oleh bayi yang tiba-tiba kehilangan selera makan. Namun, kondisi ini sifatnya relatif, tidak semua bayi mengalaminya. Jika di tilik dari beberapa penelitian, selera makan hilang disebabkan kaarena adanya faktor kecil yang dialami oleh anak khusunya saat masih bayi. Saat kondisi sedemikian rupa, sang buah hati lebih cenderung menyemburkan makanan yang masuk kemulutnya atau hanya ingin mengemut saja. Hal ini memang merupakan kewajaran dilakukan oleh kebanyakan bayi, oleh karena itu harus ada makanan penunjang sebanagi pendampingan yang masuk untuk tubuh sang buah hati Anda.

# 2 : Keingintahuan yang besar

Namanya masa perkembangan seperti rasa ingintahunya yang lebih besar dengan dunia luar sehingga konsumsi makanana yang seharusnya dilakukan menjadi tak begitu diperdulikan sang anak. Saat Anak merasa bosan makan dengan cara disuapi, maka Anda boleh membiarkan si buah hati untuk makansendiri dan bereksplorasi sendiri, pada tahap inii anak lebih cenderung menginginkan perihal yang baru dalam perkembangan.

# 3 : Ternyata Tumbuh Gigi

Faktor anak susah makan disebabkan juga oleh gangguan pada fisiknya terutama bagian mulut sehingga mempengaruhi nafsu makannya, contohnya saat sang buah hati sedang mengalami tumbuh gigi sehingga ibu harus mengganti makanan yang agak bertekstur sedikit lembut sehingga mudah untuk mengunyah.

# 4 : Sedang Flu dan Batuk

Faktor yang keempat ini masih berhungan dengan penyebab ke3 karena gannguan fisik sang anak. Kondisi tubuh anak yang tidak stabil atau anak sedang tidak enak badan seperti dlaam keadaan batuk dan Flu sehigga susah makan yang sifatnya sederhana. Biasanya tidak sampai berdampak yang berarti pada kesehatan dan tumbuhkembang san buah hati ANda. Dampak yang cukup berarti ketika kondisi susah makan yang mengakibatkan berat badan menurun dan berlangsung lebih lama.

Jika sakit flu dan batuk tersebut dlam jangka pendek biasanya dampak yang terjadi keadaan kekurangan energi akut dan hipoglikemia yaitu kadargula darah kurang. Ada juga berkeringat dingin, ditambah kejang sampai pingsan. Sedangkan dalam jangka waktu lama, susah makan akan berakibat hambatan tumbuh kembang atau failure to thrive, kekurangan gizi, vitamin A, yodium dan mineral lainnya sehingga anemia defisiensi besi, kecerdasan dan kekebalan tubuh juga menurun.

# 5 : Mengkonsumsi Makanan Ringan /Snack

Faktor lain Anak sulit makan yaitu disebabkan sudah banyak mengkonsumsi makanan ringan yang banyak dipasaran seperti snack. Nah, Cemilan apa saja yang boleh dimakan anak ? Jika cemilan tersebut tidak dilengkap gizi dan banyak zat adiptif seperti pengawet dan pewarna maka meskipun Anak merasa tidak lapar karena tidak mendapat cukup gizi maka perlu dibuat list makan sehari-hari agar Anak bisa makan dengan teratur dan mengkonsumsi asupan gizi yang lengkap, termasuk memasukan menu makanan utama dan cemilan tersebut.

# 6 : Menunjukkan ke-Egoannya

Saat si buah hati sudah beranjak 3-4 tahun mulai masuk fase negatifistik yaitu menolak konsumsi makanan karena menunjukkan keegoannya. Bunda mungkin menyiasatinya dengan menyajikan bentuk makanan semenarik mungkin sehingga dengan tampilan yang menariktersebut anak susah menolak makanan yang diberikan. Bisa jadi anak tidak mau makan karena sudah terlalu banyak mengkonsumsi makanan selingan, untuk itu ibu harus mengatur supaya anak tidak terlalu sering jajan seperti cemilan tadi.

# 7 : Makan Manis Sebelum Jadwal Makan

Ternyata makan coklat yang manis atau makanan manis lainnya saat belum makan nasi bisa mengakibatkan anak malas makan nasi. Kenapa bisa terjadi seperti itu ?! berdasarkan penelitian ternyata rasa manis dalam makanan seperti coklatserta makanann manis lainnya mengandung tinggi kalori sehingga memberi efek kenyang sementara. Olehkarena itu hindari makan makanan ngemil coklat saat hendak makan makanan utama.

Sebagai orang tua, Anda harus membuat sebuah jadwal kapan si buah hati diperbolehkan untuk makan cokalt, rotimanis, es krim dan manisan lainnya. Jika ini anda lakukan, maka anak anda akan lebih lahap dalam memakan makanan utama mereka.

Solusi dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

# 1 : Mengajarkan hidup Makan Teratur

Sediakan daftar menu makan yang beragam sehingga anak mengenal ragam rasa dan jenis makanan. Jadilah model yang baik untuk membiasakan makan keluarga di meja makan. Makan bersama adalah ajang interaksi yang sanagt penting antara orangtua dan anak. Orang tua juga bisa menjadi temann menyenangkan dii meja makan. Menjadikan hubungan orangtua - anak semakin erat.
Makan teratur atau sesuai dengan jadwal anak biasa makan adalah salah satu dari 5 solusi mengatasi anak susah makan yang efektif. Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si buah hati terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

# 2 : Terapi Bermain dan Jadikan Saat Makan Menyenangkan

Biasanya cara ini dilakukan pada anak yang masih kecil hingga usia batita. Saat bermain, orangtua bisa mengamati dan menganalisis bagaimana pola bermain anak dari kisah-kisah yang diperlihatkan. Lewat terapi bermain, konflik permasalahan anak dapat ditelusuri, kemudian diatasi sesuai penyebabnya. Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya

# 3 : Beri asupan Cemilan Sehat dan Menarik


Setelah bisa berjalan, si buah hati akan gemar bereksplorasi dengan lingkungan sekitarnya. Apalagi ketika beranjak umur dua tahun, aktivitasnya semakin bervariasi. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dgn tenang. Untuk menyiasatinya, berikan sibuah hati cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja sus mini isi fla coklat, bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, donat tabor keju, dan sebagainya.

# 4 : Berikan Reward

Jika anak tetap susah makan, perlu juga dengan memberikan reward atau hadiah kepada anak. Kebiasaan anaak kecil sangat menyukai pemberian hadiah dari orang tua. Proses ini akan sangat membantu sibuah hati Anda yang malas makan menjadi bernafsu untuk menyantap makanan. Bukankah sewaktu kecil kita juga pernah begitu bersemangat jika orang tua menjanjikan sesuatu ketika kita menuruti kemauan mereka ?! Buah hati anda juga sama seperti kita dahulu.

Sebagai orang tua tidak pernah kehabisan akal untuk memilih reward atau hadiah yang mendidik, misal rekreasi ke kebun binatang. Hal ini selain bagus untuk merangsang anak anda makan juga akan memberikan dampak positif terhadap diri mereka.

# 5 : Cara Mengatasi Anak susah Makan dengan  Laperma Platinum Penambah Nafsu Makan Anak

laperma-platinum-suplemen-anak
Jika sibuah hati sudah susah makan cara terbaik adalah mencari suplemen penambah nafsu makan sehingga anak tetapkomndisi fit.  Laperma Platinum telah menyediakan suplemen penambah nafsu makan untuk anak yang aman dan berkualitas dengan gizi. Produk Vitamin ini bisa dipakai oleh anak-anak, batita ataupunbayi.  Produk dari  Laperma Platinum telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI. Dengan adanya sertifikasi ini maka tidak diragukan lagi bahwa produk higienis vitamin ini berkualitas tinggi.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar