Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Jantung

Diposting oleh doni madan on Minggu, 08 Mei 2016

Apa yg terpikirkan apabila mendengar kata buah naga? Bisa Jadi yg terlintas di pikiran yaitu seekor naga yg biasa muncul di narasi dongeng, yg bercerita berkenaan satu orang kesatria pemberani yg sukses menyelamatkan satu orang putri canti, yg di kurung di suatu menara tinggi. Menara itu di jaga seekor naga yg mampu menghembuskan nafas api.

Pasti saja bukan naga yg seperti itu. Tetapi buah yg tumbuh dari satu buah tanaman. Di sebut buah naga sebab kulitnya mempunyai sisik seperti seekor naga. Nama ori buah ini sendiri sebenarnya yakni buah pitaya. Buah naga ini tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis, di wilayah amerika selatan dan asi. Pohon Buah naga sendiri berduri seperti pohon kaktus. Buahnya berwarna merah dgn daging buah berwana putih atau merah kehitaman, dan mempunyai biji berwarna hitam.



Buah naga sendiri mempunyai nama ilmiah :


Ceraus, Acanthocereus, Echinocereus, Selenicereus, Stenocereus, Escontria, Myrthillocactus.

Buah naga pun di kenal yang merupakan :

Pitaya,Dragon fruit, Red Pitahaya, night blooming Cereus,Strawberry Pear, Belle of the Night , conderella plant .

nama umum lain :

Prancis : Cierge- lezard, poire de chardon ,

Jerman : Distelbirn Echte Stachelbirn, Drachenfrucht.

Hawai : Pa-nani-o-ka .

Portoguese : Cato-Barse, Cardo-ananaz.

Spanyol : Pithaya Roja ( Kolombia , Meksiko, Venezuela ) : flor de caliz, pitajava (Puerto Rico);junco, junco tapatio, pitahaya orejona, reina de la noche, tasajo ( mexico)

Swedia : skogskaktus,rod pitahaya .

Nilai gizi dari 100 gr buah naga ialah :


  • Air 80-90 gr
  • asam askorbat ( vitamin C ) 4-25 mg
  • Ash 0,4-0,7 gr
  • kalsium 6-10 mg
  • kalori : 35-50
  • Karbohidrat 9-14 gr
  • Karoten ( vitamin A) traces
  • lemak 0,1-0,6 gr
  • serat 0,3-0,9 g
  • Iron 0,3-0,7 mg Niacin (Vitamin B3) 0,2-0,45 mg
  • Fosfor 16-36 mg
  • Protein 0,15-0,5 g
  • Thiamine (vitamin B1) traces
  • Riboflavin ( vitamin B2) traces

Manfaat buah naga buat kesehatan :


Meningkatkan system kekebalan badan. Buah naga tajir bakal vitamin C dan serat yg berguna bagi badan
Menopang proses pencernaan, dikarenakan buah naga tajir dapat serat.
Menurunkan kadar gula darah terhadap penderita diabetes type 2.
Mencegah terbentuknya sel kanker akibat radikal bebas. Mineral dan serat yg terkandung dalam buah naga menunjang membersikan racun dalam usus gede. Dan mecegah terjadinya kanker usus.
Sbg anti- oksidan, dikarenakan terkandung vitamin c,mineral,dan pytoalbumin yg tinggi,sehingga buah naga dapat mencegah radikal bebas dan ber sifat anti-oksidan.
Menunjang mengatur kadar kolesterol.

Terkecuali itu serta buah naga berguna buat mempercepat penyembuhan luka,meningkatkan nafsu makan,meningkatakan penglihatan, menurunkan berat tubuh, meningkatkan daya ingat.

Manfaat yg paling akbar dari buah naga yakni bisa meringankan meningkatkan kesehatan jantung. lantaran bisa mengurangi tingkat kolesterol jahat,dan mungkin berlangsung penumpukan plak di arteri dan vena amat sangat rendah atau bahkan tak kemungkinan berjalan. Kandungan positif dari buah naga ini dapat mengaktifkan kolesterol HDL (kolesterol baik)nyang sanggup menurunkan koresterol LDL(kolesterol jelek) dgn mengurangi reseptor yg ada di dinding arteri. Menurut suatu studi yg di terbitkan dalam jurnal Farmakognisi kepada thn 2010,para peneliti menemuan bahwa bersama konsumsi bah naga bisa menopang menurunkan efek penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. dikarenakan buah naga membunyai kandugan lemak monosaturade yg mempermudah menjaga hati kita dalam keaadan baik. diluar itu, buah naga mampu menurunkan tingkat stress yg tinggi oksidasi,sbg salah satu hal mutlak penyakit jantung.

Buat menikmati buah naga,tidak cuma akan di mengonsumsi dengan cara serta-merta , buah naga pun dapat di utk jus, dan dapat di campurkan dgn buah-buahan lain buat menambah cita rasanya, seperti sampel berikut.

smoothie buah naga.


1 buah naga ambil bagian dagingnya saja
1 buah pisang
1 gelas air kelapa
1 gelas sari jahe.

Campur seluruhnya bahan dan siap utk di nikmati.


Dibalik penampilannya yg sedikit ekstrim,buah naga mempunyai rasa yg sedikit tawar. Serupa seperti buah melon, namun tak terlampaui manis. Sesudah tau dari manfaat buah naga ini, jangan sampai lupa senantiasa menyediakan buah naga dirumah, tidak cuma cantik buat menghias hunian. Manfaatnya juga tak kalah utama utk badan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar