Ternyata ada 15 Manfaat Genjer untuk Kesehatan

Diposting oleh doni madan on Sabtu, 12 Mei 2018

Manfaat Genjer untuk Kesehatan, memang masih belum banyak diketahui khalayak umum. Namun, jangan heran, manfaatnya untuk kesehatan sangatlah banyak.

Apa itu Genjer?

Genjer bisa dikatakan tumbuhan liar yang biasa tumbuh di rawa-rawa atau pun di sawah yang memiliki banyak air. Genjersering dianggap sebagai tumbuhan pengganggukarena sewaktu-waktu bisa menjadi hama untuk tumbuhan lainnya, semisal padi. Nah, disamping itu, manfaatnya untuk kesehatan cukup hebat lho. Apa saja? Lanjutkan membacaa!
Manfaat Genjer untuk Kesehatan
apakah genjer berbahaya untuk kesehatan ?

Genjer sangat bermanfaat untuk Kesehatan,karena genjer memiliki berbagai kandungan yang baik bagi tubuh, seperti fosfor, protein, zat besi, vitamin, energi, karbohidrat, kalsium, dan kandungan positif lainnya. Berikut dalah beberapa di antara manfaat genjer.

Manfaat daun genjer untuk kesehatan tubuh

1. Meningkatkan Nafsu Makan
Mengonsumsi genjer secara rutin, akan membantu meningkatkan nafsu makan Anda. Aroma serta cita rasanya yang khas akan menggugah selera makan. Hal ini akan membantu menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan baik, karena jika nafsu makan menurun, maka metabolisme dalam tubuh pun akan menurun juga. Oleh karena itu, agar metabolisme tubuh terjaga dengan baik, nafsu makan harus senantiasa dijaga.
baca juga : Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan
2. Menjadikan Sel Tubuh Lebih Sehat
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, genjer mengandung berbagai zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya dapat menyehatkan sel-sel tubuh, sehingga dapat menjadikan tubuh Anda lebih kebal dari berbagai jenis penyakkit yang bisa kapan saja menyerang. 

3. Menjadikan Lambung Lebih Sehat
Untuk mendapatkan lambung yang sehat, Anda dapat memanfaatkan daun genjer ini. Karena, kandungan serat dalam genjer akan menjaga lambung Anda tetap sehat.

4. Menjadikan Tulang Lebih Kuat
Daun genjer mengandung kalsium yang sangat tinggi yang baik untuk kesehatan tulang Anda. Mengonsumsi daun genjer sangatlah dianjurkan untuk berbagai kalangan. Untuk anak-anak, mengonsumsi daun genjer akan membantu proses pertumbuhan tulang dengan maksimal serta untuk kalangan dewasa, mengonsumsi daun genjer dapat membantu menjadikan tulang lebih kuat, menjaga ketahanannya sehingga tidak mudah keropos.

5. Menjadikan Gigi Lebih Sehat
Kandungan kalsium dalam genjer, selain baik untuk kesehatan tulang Anda, tentu sangat baik juga untuk menjadikan gigi Anda lebih sehat terjaga. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi genjer sesuai selera Anda.

6. Menjadikan Jantung Lebih Sehat
Manfaat genjer selanjutnya adalah menjadikan jantung Anda lebih sehat. Sekali lagi, meskipun tumbuhan ini dianggap sebagai tanaman liar, faktanya genjer dapat memberikan manfaat yang sangat banyak bagi manusia. Mengonsumsi daun genjer dapat membantu menjaga jantung agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit jantung yang mengancam jiwa.

7. Sebagai Sumber Energi
Kandungan energi yang terdapat dalam genjer bisa dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh. Ketika genjer dapat memberikan energi yang dibutuhkan dalam tubuh, maka Anda pun akan terhindar rasa lemah, lelah, letih, dan lesu, melainkan tubuh akan lebih segar. Jadi, jangan tunda-tunda lagi, konsumsi daun genjer untuk menjaga kesehatan tubuh.

8. Mengatasi Masalah Pencernaan
Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari daun genjer yaitu membantu menjaga sistem pencernaan Anda. Ketika Anda mengalami masalah dalam pencernaan, genjer bisa menjadi solusinya. Kandungan seratnya akan membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga masalah pencernaan pun teratasi. 

9. Mencegah Gangguan Sembelit
Sembelit adalah salah satu gangguan kesehatan yang menjengkelkan dan berbahaya jika tidak segera diatasi. Selain mebuat tidak nyaman, hal ini pun dapat membahayakan usus Anda. Sembelit bisa terjadi karena adanya sisa makanan yang menumpuk dalam usus besar. Yang menjadi penyebab utama dari gangguan ini adalah kekurangan asupan serat dan juga air. Untuk menghindari berbagai kemungkinan yang bisa terjadi akibat sembelit, maka Anda harus mencegah sembelit sedini mungkin, salah satunya dengan mengonsumsi daun genjer serta banyak minum air putih.

10. Mengatasi Anemia
Anda mengalami anemia? Tubuh terasa lemah, lelah, dan lesu? Jangan khawatir, genjer bisa menjadi solusi untuk mengatasi anemia yang Anda alami. Kandungan zat besi dalam genjer dapat membantu produksi sel darah merah dalam tubuh, sehingga penyakit anemia pun dapat teratasi. 

11. Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil
Selanjutnya, genjer sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Kenapa? Karena daun genjer mengandung kalsium yang sangat baik dan dapat membantu pertumbuhan tulang bagi janin yang ada di dalam perut. Selian memberikan kesehatan pada ibunya, daun genjer juga membantu menjaga kesehatan janin sang ibu. Jadi, jika Anda sedang hamil, sangat disarankan untuk mengonsumsi daun genjer.

12. Menambah Stamina dan Tenaga
Kandungan karbohidrat, protein, serta energi yang terdapat dalam daun genjer akan meningkatkan stamina dan tenaga dalam tubuh. Sehingga Anda pun akan terhindar dari rasa lelah atau pun lesu. Ketika stamina tubuh terjaga dengan baik, maka hal ini pun akan berdampak terhadap aktivitas Anda yang akan menjadi lebih maksimal dan efektif. 

13. Anti Kuman 
Daun genjer juga dapat dimanfaatkan sebagai antikuman bagi tubuh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi genjer, supaya Anda dapat membersihkan berbagai kuman-kuman yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh. Ketika kuman-kuman tersebut dapat diatasi, maka tubuh yang sehat pun akan Anda dapatkan.

14. Membantu Proses Diet Anda 
Kandungan karbohidrat serta energi dalam daun genjer akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar. Maka, hal ini pun akan membantu proses diet Anda. Selain itu, mengonsumsi daun genjer dapat membantu menghilangkan timbunan lemak serta kotoran dalam usus yang berpotensi menjadi lemak yang menumpuk.

15. Mencegah Osteoporosis
Seperti yang disebutkan sebelumnya, daun genjer mengandung kalsium yang akan membantu menguatkan tulang serta menjaganya dari keropos. Dengan begitu, mengonsumsi genjer dapat mencegah Anda terkena osteoporosis.

Itulah manfaat genjer untuk kesehatan yang tidak bisa Anda remehkan dan jangan lupa, tunjangi dengan berbagai kegiatan positif, seperti olahraga yang teratur.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar