Kamu mesti tau, 11 Manfaat Buah Berwarna Merah untuk Kesehatan

Diposting oleh doni madan on Kamis, 10 Mei 2018

Manfaat Buah Berwarna Merah untuk Kesehatan – Siapa sih yang tak ingin sehat? Tubuh yang sehat tak hanya keinginan melainkan kebutuhan setiap manusia agar dapat beraktivitas secara maksimal. Untuk mendukung hal itu memanfaatkan berbagai buah berwarna merah yang dipercaya memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh bisa Anda lakukan.
Manfaat Buah Berwarna Merah untuk Kesehatan
Manfaat Buah Berwarna Merah untuk Kesehatan

Manfaat buah berwarna merahuntuk kesehatan banyak sekali. Buah-buah berwarna merah yang bagus dikonsumsi mulai dari semangka, delima, strawberry, apel, ceri, jambu merah, anggur merah, dan masih banyak lagi. Adapun nutrisi penting yang terdapat dalam buah berwarna merah seperti vitamin A, vitamin C, serat, ellagic, hesperidin,antioksidan, dll.
baca juga : Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan
Berikut adalah manfaat yang bisa diperoleh dari buah-buahan berwarna merah yang menyehatkan tubuh. 

11 Manfaat Buah Berwarna Merah untuk Kesehatan


1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Kandungan serat yang tinggi dalam buah berwarna merah serta kandungan vitamin C, fitonutrien,  dan potasiumnya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi buah berwarna merah seperti ceri, apel, dan sebagainya secara rutin dan teratur dalam setiap harinya, maka perlahan darah tinggi pun tekanannya akan menurun, sehingga tekanan darah menjadi normal.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan asam folat dalam buah berwarna merah seperti strawbery ternyata sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan asam folat dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Selain itu, buah berwarna merah sangat disarankan untuk dikonsumsi wanita di masa-masa suburnya, karena dapat mencegah melahirkan bayi cacat yang kerap disebut cacat tabung syaraf. Jika dikomsumsi secara rutin, maka buah berwarna merah ini akan menjaga kesehatan jantung Anda serta daya imun pun akan meningkat secara alami. Di antara buah-buahan berwarna merah yang bisa Anda coba yakni tomat, apel, stroberi, rasberi, dan sebagainya.

3. Mengatasi Kanker
Manfaat buah berwarna merah selanjutnya yakni dapat membantu membunuh sel kanker dalam tubuh. Buah berwarna merah semisal cranberries dapat menghentikan bakteri yang menempel pada dinding perut serta dapat mencegah bakteri yang dapat memicu penyakit seperti maag, luka lambung, dan penyakit lainnya. Buah berwarna lainnya yang memiliki manfaat serupa yakni delima. Kandungan antioksidannya membantu mencegah terjadinya kanker serta kandungan polifenol dalam buah delima pun tiga kali lebih banyak dibanding buah merah lainnya, semisal anggur merah. 

4. Membantu Proses Diet 
Buah berwarna merah semacam semangka, apel, dan yang lainnya memiliki antioksidan, flavonoid, dan serat yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu perut terasa kenyang lebih lama, sehingga hal ini akan membantu proses diet Anda. Karena perut terasa kenyang, maka asupan makanan berlebih pun dapat dihindari. 

5. Mengurangi Peradangan
Buah berwarna merah memiliki kandungan kadar asam yang sangat baik untuk dikonsumsi yang dapat dijadikan sebagai sumber energi. Antioksidannya dapat mengatasi berbagai peradangan serta mengurangi rasa sakit yang disebabkan artitis. Kandungan antioksidan vitamin C, vitamin A, antocyanin, dan quercetine, dapat membantu Anda melawan peradangan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda cukup mengonsumsi buah berwarna merah seperti ceri, bisa sejenis ceri beku atau pun ceri yang dikeringkan yang kemudian dikonsumsi secara rutin. 

6. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan Lycopene yang terdapat dalam buah-buahan berwarna merah dapat membantu menjaga kesehatan mata dan Anda pun terhindar dari berbagai gangguan mata, serta risiko degenerasi makula yakni kebutaan pada orang berusia lanjut. 

7. Mengatasi Gangguan Pernapasan
Kandungan quercetin dalam buah berwarna merah merupakan flavonoid sebagai pemberi warna merah pada buah atau pun sayuran yang memiliki berbagai khasiat positif untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya dapat membantu mengurangi gejala alergi pernapasan, seperti batuk, asma, dan gangguan pernapasan lainnya. 

8. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf
Buah berwarna memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, salah satunya yakni mengandung vitamin B6 yang dapat meningkatkan pengiriman sinyal saraf dan membatu sistem saraf bekerja lebih lancar. Selain itu, kandungan tryptophan dalam buah berwarna merah dapat membantu menyehatkan sistem saraf yang dapat memicu pertumbuhan otak secara normal, memperbaiki suasana/ mood  seseorang, serta memperbaiki kualitas tidur seseorang yang akhirnya akan memicu konsentrasi yang sangat tinggi.

9. Mencegah Osteoporosis
Selanjutnya, buah berwarna merah dapat membantu Anda terhindar dari osteoporosis. Mengonsumsi buah-buahan berwarna secara rutin akan membantu menjaga kesehatan tulang Anda., menjaga dari kerusakan jaringan tulang, serta meningkatkan pembentukan tulang dan memperbaiki kepadatan tulang, sehingga Anda pun terhindar dari penyakit osteoporosis.

10. Menjaga Kesehatan Rambut
Buah-buahan berwarna merah semacam paprika merah ternyata dapat dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan rambut Anda. Kandungan vitamin A-nya yang baik sangatlah bagus dalam menjaga rambut agar tetap sehat. Selain itu, dalam buah berwarna merah seperti paprika merah yang memiliki rasa pedas terdapat kandungan kemia capsaicin yang dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala yang diderita.

11. Mengatasi Dehidrasi
Kandungan vitamin C, beta karoten, serta lycopene dalam buah-buah berwarna merah memiliki antioksidan yang sangat baik yang dapat membantu tubuh lebih segar dan terhindar dari dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh. Misalnya dalam buah semangka yang merupakan salah satu buah berwarna merah, memiliki 92 persen kandungan air yang tentunya sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Itulah beberapamanfaat buah berwarna merah untuk kesehatan yang perlu diketahui. Sebuah cara yang enak untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Tak perlu mahal, tak perlu sakit, cukup rutin mengonsumsi buah berwarna merah yang menyegarkan nan menyehatkan tubuh. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar