Yuk simak 11 Manfaat Buah Dukuh untuk Kesehatan Tubuh

Diposting oleh doni madan on Senin, 14 Mei 2018

Manfaat buah duku untuk kesehatan dan kecantikanDukuh merupakan salah satu buah yang banyak diminati. Bentuknya yang bulat kecil, serta rasanya yang manis kemasaman kerap dijadikan pencuci mulut. Buah musiman ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.  Manfaat Dukuh untuk Kesehatan Tubuh dapat Anda rasakan kala mengonsumsinya secara rutin.
manfaat buah duku dan efek sampingnya
manfaat buah duku dan efek sampingnya
Sebelum mengetahui lebih rinci mengenai manfaat yang akan diberikan dukuh untuk kesehatan tubuh kita, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu, kandungan nutrisi dalam dukuh.
Kandungan yang Terdapat dalam Dukuh
- Kalori
- Zat besi
- Protein
- Karbohidrat 
- Lemak
- Mineral
- Serat
- Fosfor
- Vitamin A
- Vitamin B1
- Vitamin B2
- Vitamin C
Dengan kandungan nutrisi di atas tentunya dukuh sangat baik dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat sebagai berikut.

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan 

1. Menguatkan Gigi
Manfaat buah duku untuk gigi, Buah dukuh dapat Anda manfaatkan untuk menjadikan gigi lebih kuat. Peran gigi sangatlah penting, selain fungsi utamanya untuk mengunyah makanan yang dokonsumsi juga menunjang penampilan sehari-hari. Oleh karena itu, menjaga gigi agar tetap kuat dan sehat adalah hal penting yang harus diperhatikan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni dengan mengonsumsi buah dukuh secara rutin. Kandungan kalsium dan fosfornya yang cukup tinggi mampu menjadikan gigi Anda lebih kuat dan sehat terjaga. 

2. Menjaga Kesehatan Gusi
Gusi yang merupakan tempat menempelnya gigi merupakan salah satu bagian mulut yang kerap mengalami gangguan dari bakteri, seperti gusi bengkak, berdarah atau pun sariawan. Hal tersebut biasanya terjadi karenakurangnya asupan vitamin C dalam tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, buah dukuhlah solusinya. Anda dapat mengonsumsi buah dukuh secara rutin, kandungan vitamin C dalam buah dukuh sangatlah tinggi, bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda telah berupaya menjaga kesehatan gusi serta melindunginya dari berbagai gangguan yang bisa membuat Anda tidak nyaman dan sakit.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat buah duku untuk diet, Anda sedang diet? Buah dukuh bisa membantu Anda lho! Kok bisa? Tentu. Buah dukuh jika dikonsumsi secara rutin, maka akan membantu tubuh mendapatkan carnitine yakni molukel yang dapat mengarahan molukel lemak pada jaringan pembakaran lemak. Sehingga, timbunan lemak pun perlahan dapat teratasi. Untuk hasil optimal, Anda bisa mengonsumsi dukuh, diimbangi dengan buah apel.

4. Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan
Memang gangguan sistem pencernaan sangatlah lumrah menyerang seseorang, tapi jika terus berkelanjutan dapat membahayakan tubuh. Oleh karena itu, masalah tersebut harus segera diatasi, salah satunya dengan memanfaatkan buah dukuh. 
Manfaat buah dukuh untuk melancarkan sistem pencernaan diperoleh dari kandungan seratnya yang cukup tinggi, manfaat lainnya adalah mencegah terjadinya kanker pada sistem pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Kulit terasa gatal? Entah dikarenakan jarang mandi atau pun dipicu bakteri yang menempel di kulit, tentu akan membuat Anda kurang nyaman. Solusinya yakni dengan buah dukuh ini. Untuk mengatasi rasa gatal pada kulit, Anda dapat memanfaat buah dukuh dengan mengambil bagian kulitnya saja untuk dioleskan pada kulit yang terasa gatal. Pastikan buah dukuh yang diambil kulitnya merupakan buah dukuh yang masih segar.

6. Sumber Antioksidan
Sebagai salah satu buah yang bersifat antioksidan alami, buah dukuh sangat baikdikonsumsi setiap hari untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Kandungan polifenol-nya serta vitamin C yang berperan sebaagai antioksidan akan menjadi nutrisi penting bagi tubuh untuk menghindarkannya dari berbagai kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Selain itu, antioksidannya pun berperan dalam mencegah tubuh terkena kerusakan akibat polusi atau pun zat beracun.

7. Mengatasi Diare 
Mengonsumsi makanan pedas atau pun kurang bersih dapat memicu terjadinya diare. Jika hal ini terjadi, buah dukuh dengan segala kandungan zat hebatnya bisa membantu Anda. Buah dukuh dipercaya sangat efektif dalam mengatasi diare. Caranya pun cukup mudah yakni dengan menghaluskan biji buah dukuh dengan cara ditumbuk yang kemudiaan dicampur dengan ¼ air gelas, lalu minumlah racikan tersebut. Minumlah satu kali dalam sehari, perlahan diare pun dapat teratasi.

8. Menurunkan Demam
Selain mengatasi diare, buah dukuh juga dapat membantu menurunkan demam Anda. Selain harus banyak mengonsumsi air putih, memanfaatkan buah dukuh pun sangat disarankan. Anda dapat mengolah buah dukuh dengan cara menumbuk bijinya hingga halus, lalu dicampurkan dengan ¼ gelas air dan minumlah secara rutin hingga demam dapat menurun.

9. Mengatasi Masalah Kulit
Menjaga kesehatan kulit bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin E salah satunya bisa Anda dapatkan pada buah dukuh. Selain menjaga kesehatan kulit, buah dukuh akan mampu mencegah penuaan dini, menghaluskan kulit, melembabkan kulit, serta membantu penyembuhan luka.

10. Mengendalikan Kolesterol dalam Tubuh
Kolesterol yang tinggi dapat memicu penyakit jantung koroner, diabetes, hipertensi, dan stroke. Kandungan vitamin C-nya dalam buah dukuh dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu. Hal ini dapat membantu penderita kolesterol, makanya sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin.

11. Mempercepat Pemulihan 
Selanjutnya, buah dukuh dapat membantu mempercepat pemulihan tubuh. Kandungan vitamin C-nya merupakan antioksidan yang cukup tinggi yang mampu memulihkan fungsi tubuh secara baik.Untuk hasil optimal konsumsi secara rutin.
Itulah manfaat buah dukuh untuk kesehatan tubuh, baik buahnya, biji hingga kulitnya pun sangat berguna dalam menjaga tubuh agar tetap sehat. Salam sehat!

tag : manfaat buah duku untuk diet, manfaat buah duku dari diare hingga kanker, manfaat buah duku untuk ibu hamil, manfaat buah duku untuk diabetes, bahaya buah duku, efek samping buah duku

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar