Ternyata ada Diet diantara 13 Manfaat dari Selada Merah untuk Kesehatan Tubuh

Diposting oleh doni madan on Rabu, 16 Mei 2018

Manfaat Selada Merah untuk Kesehatan – Siapa yang tak kenal selada? Selada ada yang berwarna hijau ada juga yang berwarna merah. Adapun yang akan dibahas kali ini adalah selada merah. Salah satu sayuran yang kerap dijadikan pelengkap ini, ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat selada merah untuk kesehatan tubuh sangatlah luar biasa, mulai dari membantu pertumbuhan hingga mengatasi berbagai penyakit.
harga selada merah
harga selada merah

Berbagai kandungan positif dalam selada merah menjadikannya membawa khasiat yang beragam. Di antara kandungan tersebut yaitu vitamin kompleks yang cukup lengkap (vitamin A, vitamin c, vitamin B6, dan vitamin K), luthein, kolin, alkaloid, betaa karoten, protein, asam folat, zat besi, kalium, serat, kalori rendah, dan berbagai kandungan bermanfaat lainnya. Dengan sederet kandungan tersebut, tak heran selada merah memberikan banyak manfaat sepertidi bawah ini.
baca juga : CaraTetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Manfaat Selada Merah untuk Kesehatan Tubuh

1. Membantu Pertumbuhan Lebih Optimal
Manfaat pertama dari selada merah adalah membantu pertumbuhan lebih optimal terutama pada anak-anak dan masa remaja yang mana masa tersebut merupakan masa paling berharga. Kandungan vitamin K, vitamin C, kalium, zat besi serta proteinnya yang cukup tinggi berperan penting dalam membantu pertumbuhan.

2. Mengatasi Anemia
Badan terasa mudah lelah, lemah, tidak nafsu makan, bisa jadi Anda terserang anemia. Untuk mentasinya Anda dapat memanfaatkan kandungan gizi yang terdapat dalam selada merah. Sayuran menyegarkan ini akan membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh, sehingga anemia pun dapat diatasi.

3. Mengatasi Diabetes
Manfaat selada merah untuk diabetes. Kelebihan kadar gula dalam darah atau yang kerap disebut sebagai penyakit diabetes ini sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Kandungan gulanya yang sedikit, dengan kandungan gizinya yang banyak, selada merah akan membantu mengatasi diabetes yang menyerang Anda. Oleh karena itu, selada merah sangat bagus untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

4. Mengatasi Insomnia
Susah tidur atau insomnia bisa terjadi karena terlalu banyak pikiran atau pun terlalu penat bekerja yang membuat hormon adrenalin bekerja terlalu keras, sehingga pikiran pun tidak tenang dan akhirnya Anda mengalami insomnia. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi selada merah yang memiliki kandungan positif yang dapat menjadi penenang alami bagi pikiran Anda.

5. Mengatasi Sariawan
Manfaat selada merah selanjutnya adalah membantu mengatasi sariawan. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam selada merah cukuplah tinggi. Sehingga dapat Anda manfaatkan dalam mengatasi sariawan yang membuat Anda tidak nyaman. Selain dengan mengonsumsinya secara langsung, Anda juga dapat mencoba menjadikan air rebusan selada merah untuk berkumur.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan bisa menyerang Anda kapan saja, mulai dari sakit perut, diare hingga sembelit. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kurang cairan dan serat. Oleh karena itu, mengonsumsi selada merah bisa menjadi solusi untuk Anda. Kandungan seratnya yang tinggi akan membantu mengatasi gangguan pencernaan yang menyerang, sehingga pencernaan pun menjadi normal kembali.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat selada merah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangatlah penting, sebagai upaya terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan tubuh. Berbagai nutrisi yang terdapat dalam selada merah dapat membantu tubuh Anda lebih kebal. Oleh karena itu, mengonsumsi selada merah secara rutin, sangatlah disarankan. Dengan begitu tubuh pun akan terjaga sehat. 

8. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol dalam tubuh merupakan salah satu penyakit yang membahayakan tubuh. Jika dibiarkan begitu saja, bisa berujung pada kematian. Jadi, sebelum hal itu terjadi, alangkah baiknya untuk mengatasinya sedini mungkin. Salah satunya dengan mengonsumsi selada merah. Kandungan serat dan airnya akan menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah Anda, sehingga perlahan kolesterol pun dapat diatasi.

9. Menurunkan Berat Badan
Manfaat selada merah untuk diet. Seperti yang dikatakan sebelumnya, selada merah mengandung serat yang tinggi yang dapat menurunkan berat badan Anda. Dengan kandungan seratnya tersebutlah, pencernaan pun akan lebih lancar, dan timbunan lemak pun dapat hilang secara perlahan. Oleh karena itu, konsumsi selada merah secara rutin.

10. Mencegah Kanker
Manfaat selada merah untuk Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Makanya, harus dicegah sedini mungkin. Salah satunya dengan mengonsumsi selada merah yang kaya akan vitamin C dan senyawa bermanfaat lainnya. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, bisa direbus terlebih dahulu, atau bisa juga dijadikan jus.

11. Mencegah Rambut Rontok
Manfaat selada merah untuk Rambut rontok adalah hal yang paling mengesalkan yang pastinya menakutkan juga, karena bisa berujung pada kebotakan. Namun, sebelum hal menakutkan itu terjadi, Anda dapat mencegahnya sedini mungkin dengan memanfaatkan selada merah yang dapat menjadi nutrisi alami bagi rambut Anda. Caranya pun cukup mudah, Anda bisa menghaluskan selada merah yang selanjutnya diaplikasikan pada kulit kepala juga rambut dengan cara dipijat-pijat. Disarankan untuk mengaplikasikannya sebanyak 3 kali dalam seminggu, sehingga kerontokan pun bisa dicegah.

12. Menangkal Radikal Bebas
Radikal bebas yang bisa muncul akibat polusi udara ternyata dapat mendatangkan berbagai penyakit yang membahayakan tubuh. Oleh karena itu, radikal bebas harus segera diberi penangkal. Salah satu yang bisa menangkal radikal bebas adalah selada merah. Mengonsumsi sayuran ini akan membantu meningkatkan kekebalan pada tubuh Anda.

13. Mengoptimalkan Otot dan Saraf
Aktivitas yang terlalu banyak menggerakan otot atau pun saraf akan membuat organ tersebut bekerja terlalu keras, sehingga dapat menjadikan otot-otot menjadi kaku. Hal ini dapat diatasi dengan selada merah yang memiliki nutrisi baik untuk otot-otot Anda.

Itulah informasi singkat manfaat selada merah untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa tetap imbangi dengan pola hidup yang sehat dan olahraga yang teratur.

tag : manfaat selada keriting merah, budidaya selada merah, selada merah hidroponik, selada merah adalah, selada merah pdf, klasifikasi selada merah, selada air

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar