11 Rahasia Manfaat Talas Bogor untuk Kesehatan

Diposting oleh doni madan on Jumat, 18 Mei 2018

Manfaat Talas Bogor untuk Kesehatan – Banyak yang mengatakan kalau talas Bogor atau sering disebut juga Keladi Pulut ini merupakan makanan kampung. Ya, mungkin karena di kampung tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan. Eeits, tapi tunggu dulu Mas bro dan Mbak sist. Jangan menyepelekan namanya ya, selain enak dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, manfaat talas bogoruntuk kesehatan Anda sangatlah tak terhitung.
Manfaat Talas Bogor untuk kesehatan kulit
Manfaat Talas Bogor untuk kulit
Nah, sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai khasiat danmanfaat talas bogor untuk kesehatan. Alangkah baiknya kita berenalan dulu dengan talas bogor ini. Yuk kita simak ulasannya!

Sekilas Tentang Talas Bogor

Talas bogor memiliki nama ilmiah Colocasia Esculenta. L. Memiliki daun yang cukup lebar dan besar ditemaani dengan tangkainya bergaris hijau tua/ keunguan. Semakin banyak dan besar daunnya, maka umbinya pun semakin besar. Talas bogor pun memiliki bunga, yakni yang terdapat di bagian tongkol daun yang tangkainya memiliki panjang sekitar 15 cm- 60 cm. Selain umbinya yang bisa disantap, ternyata bagian lompong atau batang daunnya pun bisa dimasak yang tentunya memiliki rasa yang khas. 
baca juga : Aroma khas dan manfaat daun kemangi
Nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat talas bogor kerap dijadikan bahan pengganti makanan pokok, karena dapat memberikan energi pada tubuh melalui kandungan zat penting di dalamnya. Di antara kandungan tersebut, yaitu:Polifenol, Villose, Saponin, Serat, Karbohidrat, Kalium, Zat besi, Vitamin A dan C, Kalsium, Fosfor.

Dengan sederet kandungan hebat tersebutlah, talas bogor dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut ini manfaat Talas Bogor untuk kesehatan Anda yang jarang diketahui masyarakat umum.

1. Mencegah Kanker
Sebagai salah satu penyakit yang mematikan, kanker harus dicegah sedini mungkin. Untuk mencegahnya, selain menerapkkan pola hidup yang sehat serta berolahraga yang rutin, Anda juga dapat menambahakan talas bogor dalam menu harian Anda. Kandungan vitamin C-nya menjadi antioksidan yang sangat baik dalam mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, mulai dari kanker serfiks, kanker payudara, hingga kanker usus besar. 

Jadi, tunggu apalagi ayo konsusmsi talas bogor dari sekarang. Anda bisa menyantapnya setelah direbus terlebih dahulu. Dimakan selagi hangat pasti akan membuat Anda ketagihan. 

2. Mengatasi Anemia
Anemia menyerang Anda? Jangan khawatir, talas bogor bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Kandungan kalori serta karbohidrat dalam talas bogor dapat membantu meringankan berbagai gejala yang timbul akibat anemia, seperti lelah, letih, lesu, dan sebagainya. Selain mengatasi anemia, Anda pun dapat mengonsumsinya sebagai upaya pencegahan dari penyakit anemia.

3. Mengatasi Diare
Selanjutnya, manfaat yang diberikan talas bogor untuk kesehatan Anda yaitu mengatasi diare yang mengganggu. Selain rasanya tak nyaman, diare juga membuat Anda sulit untuk beraktivitas secara maksimal, makanya harus segera diatasi. Salah satunya dengan mengonsumsi talas bogor yang kaya akan serat untuk menekan diare yang terjadi. Dengan sederet kandungan nutrisi yang baik dalam talas bogor, akan membuat tubuh Anda lebih sehat.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Pencernaan sering terganggu? Hal tersebut bisa terjadi karena banyak kotoran yang menumpuk akibat tubuh kurang asupan serat dan cairan tubuh. Oleh karena itu, memperbanyak minum air serta mengonsumsi makanan berserat adalah salah satu solusinya. Talas bogor bisa menjadi pilihan Anda. Kandungan serat dalam talas bogor mampu mengatasi berbagai gangguan pencernaan semisal sembelit, sakit perut, susah BAB, dan sebagainya, sehingga pencernaan pun akan lancar kembali. Selain itu, talas bogor juga dapat mengatasi masalah yang terjadi pada usus halus Anda. Jadi, untuk mendapatkan manfaat dari Taas Bogor tersebut, konsumsilah talas bogor secara rutin.

5. Mengatasi Rasa Nyeri pada Otot dan Sendi
Beban kerja yang terlalu berat kerap membuat otot dan sendi tubuh bekerja terlalu keras. Hal tersebut memicu otot dan sendi menjadi kaku dan kadang disertai rasa nyeri. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi talas bogor secara rutin.

6. Mengatasi Kulit Kering
Kulit kering dan pecah-pecah tentu membuat Anda tidak nyaman dan kerap menjadikan diri Anda kurang percaya diri. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan talas bogor. Berbagai nutrisi yang terdapat dalam talas bogor tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, tapi dapat dimanfaatkan dalam mengatasi kulit kering Anda. 

7. Menjadikan Mata Lebih Sehat
Kandungan vitamin A dalam talas bogor sangatlah baik untuk kesehatan mata Anda. Oleh karena itu, mengonsumsi talas bogor secara rutin sangatlah disarankan untuk Anda, sebagai upaya dalam menjaga penglihatan Anda agar tetap jelas dan mata pun terjaga sehat.

8. Menjadikan Kulit Lebih Cerah
Selain menjadikan kulit sehat terawat, mengonsumsi talas bogor akan membuat kulit terlihat lebih cerah. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam talas bogor, menjadi pencerah alami untuk kulit Anda.

9. Mengencangkan Kulit 
Manfaat lainnya dari talas bogor yakni mengencangkan kulit Anda. Tak hanya membuat Anda tampil lebih awet muda, talas bogor juga dapat membuat kulit lebih kencang. Jadi, jangan lupa ya untuk mengonsumsi talas bogor.

10. Menjadikan Jantung Lebih Sehat
Jantung yang sehat adalah awal yang baik dalam menjalankan hidup. Oleh karena itu, jantung harus senantiasa dijaga. Salah satunya dengan mengonsumsi talas bogor yang akan membantu menjadikan jantung Anda lebih kuat dan sehat.

11. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Yang terakhir, manfaat talas bogor yaitu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Berbagai nutrisi dalam talas bogor akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan tubuh. Antioksidannya yang tinggi akan membuat tubuh lebih kebal.

Itulah ulasan mengenai manfaat Talas Bogor untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda.

tag : ubi talas dan asam urat, perbedaan talas dan keladi, kandungan talas, manfaat talas bagi penderita diabetes, manfaat batang talas, buah talas bogor, manfaat talas belitung, manfaat mbothe

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar